Kelompok Tani Musara Ate Rasakan Manfaat CSR dari PT PEMA

By admin on Feb 29 in Berita.

Banda Aceh – Dikutip dari Radarnews menyebutkan bahwa bantuan dari PT PEMA sangat bermanfaat bagi kelompoktani Musara Ate. Pada 13 Desember 2023 silam, PEMA telah menyerahkan Corporate Social Responsibility (CSR)Kepada anggota Kelompok Tani Sereh Wangi Musara Ate, Desa Padang, Kecamatan Terangun , Kabupaten Gayo Lues. CSR merupakan tanggungjawab perusahaan secara sosial kepada pemangku kepentingan dan masyarakat luas sebagai bentuk perhatiannya dalam meningkatkan kesejahteraan dan Kabupaten Gayo Lues merupakan salah satu daerah yang menjadi pusat perhatian PT PEMA.

CSR yang telah diserahkan oleh PEMA pada akhir tahun lalu berupa sarana Produksi (Saprodi) Pertanian untuk tanaman serai wangi seperti Mesin Pemotong Kayu (Senso) sebanyak 4 Unit, Alat Penyuling (Ketel) 4 Buah, Tenda 20 Buah, Parang 20 Buah, dan Sabit Sebanyak 20 Buah yang jika ditotal senilai dengan Rp 25.000.000.,- (Dua Puluh Lima Juta Rupiah)

Abdul taher, selaku Ketua Kelompok Tani Musara Ate telah mengarahkan anggotanya untuk memanfaatkan CSR dari PEMA, kini mereka telah merasakan dampak positif dari hasil produksi serai wangi, sebab CSR tersebut membuat produksi lebih mudah dan cepat, terkhususnya proses penyulingan.

Ia turut menyampaikan, bantuan yang diberikan PT PEMA sangat bermanfaat bagi para anggota kelompok taninnya, bagaimana tidak, petani yang dulunya kesulitan melakukan panen dan menyuling daun serai wangi kini sudah lebih mudah memperoleh minyak Atsiri dari tanaman tersebut karena sarana produksi sudah lengkap. Ia sangat bersyukur karena telah mendapatkan bantuan dari PT PEMA yang kini dapat membangkitkan semangat para petani di desa Padang khusunya anggota kelompok tani Musara ate dalam mewujudkan peningkatan ekonomi dan perkembangan budidaya serai wangi.

“Dampaknya sangat bagus bagi pertanian Kami. Dulu sebelum dapat bantuan dari PT PEMA kami masih kesulitan melakukan pemungutan hasil serai wangi, seperti ketel (Alat Penyuling) masih terbatas kadang-kadang anggota kelompok tani harus menyewa punya petani yang lain, bahkan daun serai harus diangkut dari tempat yang jauh, namun kini alat penyulingnya sudah bisa kita bangun dilokasi perkebunan kelompok tani Sara Ate”, ucap Abdul.

Terkait hal ini, Pemerintah Kabupaten Gayo Lues melalui Kadis Pertanian Juanda Syahputra, S.H.,M.H., menyampaikan, bantuan yang diberikan PT PEMA ini sangat berdampak baik terhadap perkembangan pertanian di Kabupaten Gayo Lues, khususnya para petani serai wangi di Desa Padang , Kecamatan Terangun.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah Mewakili Bapak Bupati Gayo Lues mengucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya kepada PT PEMA yang telah membantu petani Gayo Lues khususnya petani serai wangi di desa Padag. Berkat bantuan tersebut dapat memudahkan proses panen dan meningkatkan hasil pertanian mereka.”, jelas Juanda.

 

 

admin

Add Comment

Top