Tingkatkan Produksi Ikan, PEMA LAMI KSO Siap Kembangkan Fasilitas Demi Tunjang Sektor Perikanan

By admin on Feb 27 in Berita.

Banda Aceh –  Selama tahun 2023, PT Pembangunan Aceh (PEMA) Perseroda melalui PEMA LAMI KSO sukses mengirimkan 420 Ton Ikan jenis skipjack tuna ke Muara Baru, Jakarta Utara. (11/01/2024)

Pencapaian tersebut membuat PEMA LAMI KSO semakin optimis dalam mengembangkan bisnis di bidang perikanan yang baru berjalan sejak pertengahan tahun lalu tersebut. Mirisnya, sebab tangkapan hasil nelayan melimpah mengakibatkan anjloknya harga ikan di Wilayah Aceh hingga mencapai Rp 3 Ribu/Kg.

PEMA LAMI KSO meyakinkan diri akan memperluas jaringan pasar guna mengembangkan variasi perikanan berkelanjutan. Untuk tahun 2024, PEMA LAMI KSO berencana akan menambah kuantitas pengiriman ikan yang semula berjumlah 40 Ton/ Bulan menjadi 100-120 Ton/ Bulan. Angka yang terbilang sangat fantastis, yang mana jumlah tersebut dapat menampung pasokan nelayan lebih besar kedepannya.

Perubahan selalu diharapkan tiap tahun oleh para nelayan untuk mencegah anjloknya harga ikan semasa panen, Pemerintah dapat melakukan pembaharuan dan inovasi terbaru, seperti pembentukan unit usaha baru bersama PEMA yang bekerja sama dengan SKPA untuk mengembangkan fasilitas pengembangan sektor perikanan, dan hirilisasi produk dalam bentuk pendirian usaha pengolahan ikan atau pendirian Cold Storage milik pemerintah.

Akan tetapi keterbatasan jumlah Cold Storage sebagai media pembekuan hasil perikanan laut Aceh menjadi salah satu kendala utama bagi PEMA LAMI KSO. Untuk Sementara waktu, PEMA LAMI KSO baru bekerja sama dengan dua cold storage sehingga berdampak pada kuota pembekuan dan penyimpanan ikan yang terbatas. Hal ini pula yang menjadi kendala bagi pihak PEMA LAMI KSO dalam melakukan pembelian ikan dari nelayan selama masa panen tersebut.

Guna mengatasi keterbatasan diatas, PEMA LAMI KSO berencana untuk melakukan penyewaan cold storage diwilayah Jakarta agar memudahkan mobilitas pengiriman ikan segar yang berasal dari Aceh. Apabila telah tersedia penampungan yang lebih besar, maka akan memudahkan para nelayan untuk dapat menjual hasil panen kepada PEMA LAMI KSO dan meningkatkan kuota penjualan ikan di wilayah Aceh.

admin

Add Comment

Top