PEMA Tegaskan Komitmen Penerapan GCG pada Tata Kelola Perusahaan

By admin on Feb 27 in Berita.

Banda Aceh – Penerapan tata kelola yang baik atau Good Corporate Governance (GCG) pada sebuah perusahaan menjadi prioritas sebagai upaya dalam menjaga kestabilan bisnis perusahaan. melalui tata kelola yang baik, perusahaan akan harus terus melakukan inovasi guna memberikan kinerja terbaik dan membangun citra yang positif di mata masyarakat. Terlebih, penerapan GCG telah terbukti memberi dampak positif terhadap terselenggaranya operasional bisnis yang sehat.

Direktur Utama PT Pembangunan Aceh (PEMA), Ali Mulyagusdin, pada Rapat Kerja Tahun 2024 yang dilaksanakan pada tanggal 27-28 Januari lalu di Aceh Tengah memaparkan terkait prinsip-prinsip yang telah diterapkan untuk memaksimalkan nilai perusahaan, meningkatkan kinerja dan kontribusi, serta menjaga keberlanjutan perusahaan secara jangka panjang. Pada Proses pelaksanaan prinsip GCG terdapat elemen penting, seperti keterbukaan informasipublik dengan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas BUMN dalam melakukan tugas dan fungsinya sehingga praktik GCG di BUMN semakin optimal.

Ali menjelaskan secara rinci target-target yang harus dioptimalkan oleh seluruh jajaran PT PEMA, seperti jumlah target pendapatan, jumlah target project yang harus dilaksanakan, review rencana bisnis, review Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan, penyiapan program kerja melalui FGD bersama seluruh anggota PEMA, serta penyiapan Indikator Kinerja Perusahaan (Balanced Scorcard).

Faktanya, selama hampir 5 (lima) tahun PEMA berdiri, Badan Usaha Milik Aceh tersebut telah membentuk kebijakan seperti meningkatkan revenue, menguatkan perencanaan usaha, meningkatkan kapabilitas SDM, mengembangkan sistem yang terintegrasi, dan menerapkan GCG secara menyeluruh.

Hal ini menunjukkan bahwa PEMA berkomitmen untuk terus menjalankan tata kelola yang baik (GCG) di dalam operasionalnya, memastikan bahwa integritas, transparansi, dan keberlanjutan tetap menjadi landasan utama dalam setiap langkah kemajuan perekonomian Aceh. “Kami berkomitmen untuk menjalankan GCG pada prinsip tata Kelola perusahaan yang baik demi mendukung pertumbuhan berkelanjutan dimasa yang akan datang”, tutup Ali.

admin

Add Comment

Top