Dirut PT PEMA Hadiri Tanam Perdana Jagung Serentak di Seluruh Wilayah Aceh

By Admin Redaksi on Jun 14 in Berita.

Direktur Utama PT Pembangunan Aceh, Ali Mulyagusdin bersama Pangdam IM beserta Forkopimda Aceh melaksanakan tanam perdana program “I’M Jagong” secara serentak di wilayah di Aceh Utara pada Selasa (23/5/23). Program I’M Jagong yang diinisasi oleh Kodam Iskandar Muda ini bertujuan untuk meningkatkan produksi dalam rangka mencapai ketahanan pangan.

Pangdam IM Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya mengatakan tujuan dari program ini selain untuk meningkatkan kesejahteraan petani, mengatasi stunting, serta melancarkan program lumbung pangan nasional dan turut memberikan manfaat untuk pembangunan mandiri di sektor pertanian dan industri.

Tahapan program I’M Jagong ini terdiri dari beberapa tahapan yang diawali dengan perencanaan dan persiapan. “Kegiatan Sosialisasi internal Kodam Iskandar Muda juga dilakukan agar seluruh anggota terlibat dan mendukung program I’M Jagong ini,” jelasnya.  Ditambahkan, sesuai dengan amanat Presiden Republik Indonesia, diharapkan ke depan Indonesia tidak lagi impor jagung.

Lokasi tanam perdana program I’M Jagong ini dibagi di tiga titik wilayah Kabupaten berbeda yang berada Provinsi Aceh yaitu untuk wilayah Timur dipusatkan di Ds. Ulegedung, Kec. Sawang, Kab. Aceh Utara wilayah Korem 011/LW yang dibuka langsung oleh Pangdam IM Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P.

Untuk wilayah Barat Korem 012/TU dipusatkan di Desa Meunasah Gantung, Kec. Kaway XVI Kab. Aceh Barat yang dibuka oleh Kasdam IM Brigjen TNI Hadi Basuki, S.Sos., M.M., M.Tr. (Han) sementara itu untuk wilayah Tengah Kodim 0101/KBA di pusatkan di Ds. Bueng Simek, Kec. Kuta Cot Gle, Kabupaten Aceh Besar yang dibuka oleh Irdam IM Brigjen TNI Ayi Supriatna, S.I.P., M.M.

Selanjutnya, Pangdam IM berharap PT Pembangunan Aceh sabagai salah satu Badan usaha Milik Aceh dapat menjadi off taker, guna memastikan hasil produksi jagung dapat terserap dengan baik di pasar lokal, maupun luar daerah.

Luas lahan yang akan ditanami dalam program I’M Jagong mencapai 3000 hektar, yang terbagi di wilayah Aceh bagian Timur Korem 011/LW seluas 1000 hektar, Aceh bagian Barat Korem 012/TU seluas 1000 hektar, sementara itu wilayah Aceh bagian Tengah Kodim 0101/KBA seluas 1000 hektar. (Humas PEMA)

Admin Redaksi

Top